5 Sayuran dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

sayuran yang mengandung zat besi

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, salah satunya untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh agar bisa berperan lebih maksimal.

Asupan zat besi yang dibutuhkan tubuh bisa anda dapatkan melalui konsumsi beberapa jenis sayuran berikut ini :

Asparagus (2,2 mg / 6 batang)

Zat besi yang terkandung dalam asparagus bisa membantu proses pembentukan sel darah merah. Manfaatnya ini bisa anda dapatkan lebih cepat jika diolah dengan makanan yang mengandung vitamin C.

Bayam (2,01 mg / 100 gram)

Bayam menjadi sayuran yang sudah tak asing didengar dalam hal memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi dalam bayam ini efektif dalam produksi sel darah merah serta mendukung proses fungsi enzim dan metabolisme tubuh.

Tomat (2 mg/ 100 gram)

Tomat yang selama ini dikenal dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi, ternyata mempunyai zat besi yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh serta proses pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga : 7 Manfaat Konsumsi Daun Selada untuk Kesehatan

Kentang (1,9 mg /50 gram)

Kentang yang mengandung karbohidrat dan Vitamin B6 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif, juga memiliki kandungan zat besi yang dapat mendukung produksi sel darah merah.

Labu (1,4 mg / 100 gram)

Labu yang rasanya sedikit hambar ini tak begitu banyak disukai masayarakat terutama anak-anak. Namun siapa yang sangka jika labu mengandung zat besi yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta produksi sel darah merah. Selain itu, labu juga baik untuk pencernaan dan kandungan vitamin A yang dimilikinya dapat menjaga kesehatan mata secara utuh.

Itulah 5 jenis sayuran dengan kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam membantu produksi sel darah merah penderita anemia.