5 Vitamin Penting Penambah Darah Alami

Ketika mengalami anemia atau kurang darah, makanan yang mengandung zat besi menjadi solusi utama yang dapat membantu permasalahan anda tersebut. Zat besi ini mampu mencegah anemia atau kurang darah, membantu pembentukan sel darah merah karena sifatnya sebagai pengikat oksigen, sehingga Oksigen yang dibutuhkan akan tersalur ke seluruh bagian tubuh. Namun faktanya, ada beberapa nutrisi lain yang juga dibutuhkan penderita anemia untuk menambah darah selain hanya berfokus pada zat besinya saja.

5 Vitamin Penting Penambah Darah Alami

vitamin penting penambah darah

Vitamin A

Vitamin A dapat membantu zat besi untuk masuk ke dalam hemoglobin darah afar mampu mengikat oksigen dan meringankan gejala yang dialami oleh penderita anemia. Vitamin A ini terkandung di dalam beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, melon, aprikot, semangka, dan lain sebagainya.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks berperan aktif dalam membantu produksi serta fungsi sel darah merah. Buah-buahan yang memiliki kandungan Vitamin B Kompleks adalah kurma, alpukat, delima, nanas, dan pisang.

Vitamin C

Vitamin C dalam makanan tertentu yang telah dikonsumsi, akan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh yang dapat membantu proses penyembuhan anemia. Buah-buahan yang mengandung Vitamin C cukup tinggi yaitu jeruk, mangga, nanas, dan jambu biji. Selain Vitamin C juga, beberapa diantaranya memiliki kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil dan antioksidan tinggi yang dapat meningkatakn sistem daya tahan tubuh.

Baca juga : 5 Sayuran dengan Kandungan Zat Besi Tinggi

Asam folat (Vitamin B9)

Asam folat dibutuhkan tubuh umtuk produksi sel darah merah baru, sehingga ketika anda kekurangan asupan makanan yang mengandung asam folat, risiko anemia akan meningkat. Makanan yang mengandung asam folat di antaranya sayuran hijau, kacang-kacangan, seral, jeruk, dan lain sebagainya.

Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran aktif dalam sintesis DNA serta produksi sel darah merah. Makanan yang memiliki kandungan Vitamin B12 adalah ikan, hati sapi, telur, sereal, serta susu.

Untuk menghindari dan meringankan anemia yang menyerang, selain dengan mengonsumi makanan dengan nutrisi di atas, anda harus memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, serta olaharaga yang teratur. Salam sehat ! 🙂