6 Manfaat Konsumsi Jengkol untuk Kesehatan

Obat Thalasemia | Jengkol, salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. walaupun mengeluarkan bau yang cukup tak sedap selayaknya petai, jengkol ternyata semakin banyak diminati. Dan yang paling penting adalah, ia memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh yang selama ini tak banyak kita ketahui.

Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, yuk kita kenali terlebih dahulu 6 Manfaat Konsumsi Jengkol untuk Kesehatan berikut ini !

6 Manfaat Konsumsi Jengkol

6 Manfaat Konsumsi Jengkol untuk Kesehatan

Mencegah anemia

Jengkol memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat yang bisa mencegah anemia atau meringankan kondisi para penderita anemia yang mudah lelah dan lemas akibat kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang berakar dari terganggunya produksi sel darah merah.

Mencegah pengeroposan tulang

Jengkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tulang untuk memperkuat tulang sehingga terhindar dari pengeroposan.

Mengontrol kadar gula darah

Walaupun jengkol memiliki zat gula, namun zat tersebut lebih mudah diuraikan dan diserap tubuh, sehingga anda yang menderita diabetes sekalipun tidak masalah jika mengonsumsi jengkol.

Baca juga : Khasiat Kacang Merah untuk Fungsi Tubuh Optimal

Mengatasi sembelit

Serat yang ada pada jengkol mampu membantu anda dalam menghadapi masalah sembelit dan membantu kelancaran pencernaan.

Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Mineral juga bisa ditemukan di dalam jengkol, berperan aktif dalam melebarkan pembuluh darah dan menghindarinya dari penyempitan.

Menyehatkan jantung

Tak pernah disangka, jika antioksidan dalam jengkol dapat menghalau toksin atau racun yang akan masuk ke dalam tubuh, terutama jantung. Perlindungan yang diberikan antioksidan dalam jengkol ini dapat menjadi benteng dari segala jenis penghambat sirkulasi darah. Sirkulasi darah akan tetap lancar, begitu juga jantung yang tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Walaupun jengkol direkomendasikan untuk berbagai kondisi tubuh, namun untuk anda yang menderita asam urat dan juga gangguan ginjal, alangkah baiknya untuk menghindari konsumei jengkol. Sifat yang ada pada jengkol akan membuat anda, khususnya penderita gangguan ginjal mengalami kondisi yang lebih parah.