Khasiat dan Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang bernutrisi tinggi, sehingga sangat dibutuhkan oleh anda yang tengah sakit atau sekedar menjaga ketahanan tubuh. Walaupun tak semua orang menyukai brokoli, namun penting bagi semua orang untuk mengetahui Khasiat dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh berikut ini.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

khasiat dan manfaat brokoli bagi kesehatan

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan gangguan atau kelainan darah yang secara langsung berhubungan dengan kurangnya besi dan protein tertentu. Brokoli kaya kandungan keduanya yang sangat baik terhadap anemia. Tembaga juga ditemukan di brokoli yang merupakan mineral penting yang lain dalam produksi sel darah merah, bersama dengan besi.

Membantu Detoksifikasi

Kehadiran vitamin-C, sulfur, dan asam amino tertentu membuat brokoli menjadi racun yang sangat baik. Brokoli membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menjaga fungsi beberapa organ tubuh tetap optimal.

Mengatasi Gangguan lambung

Brokoli sangat kaya serat atau roughage, bahan makanan utama yang dapat menyembuhkan hampir semua gangguan lambung dengan menyembuhkan sembelit, karena sembelit adalah akar dari hampir semua gangguan lambung. Magnesium dan vitamin yang hadir dalam brokoli juga menyembuhkan keasaman, memfasilitasi tepat pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.

Perawatan mata & katarak

Zeaxanthin, beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti B kompleks, C dan E ditemukan di brokoli yang sangat baik untuk kesehatan okular. Zat yang bertanggung jawab untuk warna hijau dan ungu brokoli adalah vitamin C, beta-carotene dan vitamin lain serta mineral, khususnya selenium, tembaga, seng, dan fosfor.

Menjaga Kesehatan tulang

Brokoli sangat kaya akan kalsium (ada oleh 47 mg. per 100 gram) dan nutrisi lainnya seperti magnesium, Seng dan fosfor. Makan brokoli dapat sangat bermanfaat, terutama bagi anak-anak, orang tua, wanita hamil atau ibu menyusui. Karena ini adalah orang yang paling rentan terhadap osteoporosis, melemahnya tulang dan gigi, serta kekurangan kalsium.

Menjaga Kehamilan

Brokoli juga memiliki nutrisi penting bagi wanita hamil, seperti protein, kalsium, vitamin, antioksidan, detoxifiers, zat besi, fosfor dan lainnya. Itu adalah sebuah komponen yang ideal dari diet apapun untuk mereka. Brokoli yang juga kaya serat juga mampu menghilangkan sembelit yang sangat umum selama kehamilan. Selain itu, konten folat dalam brokoli memastikan bahwa janin akan terhindar cacat lahir, seperti Cacat tabung saraf, yang merupakan masalah besar bagi ibu hamil yang memiliki kekurangan asam folat dalam diet mereka.

Menurunkan Tekanan darah tinggi

Mineral penting, Kromium, ditemukan berlimpah di brokoli, membantu dalam berfungsinya insulin dan mengatur gula darah, sehingga mengatur tekanan darah juga. Vitamin bersama dengan serat dan omega-3, membantu mengatur tekanan darah bahkan.

Menurunkan risiko Penyakit jantung

Selain antioksidan yang disebutkan di atas, brokoli memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, dengan tingkat beta-karoten, omega-3, dan vitamin lain yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga hati berfungsi dengan baik dengan mengatur tekanan darah. Selanjutnya, kalium yang ditemukan di brokoli adalah suatu vasodilator yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi organ penting oleh ketegangan dan tekanan pembuluh darah dan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Brokoli terbukti efektif untuk mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat dan kanker berbagai organ seperti paru-paru, usus besar, hati, ginjal, dan usus. Untuk manfaat kanker payudara dan kanker rahim, terkait dengan kemampuannya dalam menghilangkan estrogen tambahan dari tubuh. Hal ini disebabkan adanya anti–karsinogenik, senyawa seperti glucoraphanin, diindolylmethane, beta-karoten, selenium dan nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin A dan vitamin E, seng, kalium dan asam amino tertentu, yang juga baik menjadi agen anti-kanker.

Perawatan kulit

Untuk menjaga kulit Anda bersinar dan muda, antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin-C, dan juga sebagai pembantu lain seperti Vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A & K, asam lemak omega 3, asam amino dan folat hadir dalam brokoli. Mereka semua membantu untuk mengambil perawatan kulit Anda dan membiarkannya bersinar, sehat dan bercahaya. Selain itu, glucoraphanin, salah satu fitonutrien yang ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam brokoli, telah terhubung dengan membalikkan efek negatif dari paparan sinar matahari, sehingga Anda dapat menghidupkan kembali kulit anda tersebut.

Dengan konsumsi brokoli secara teratur, kesehatan tubuh anda akan terjamin dan terhindar dari berbagai jenis gangguan.