Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Demam Berdarah

makanan yang boleh dimakan penderita demam berdarah

Obat Thalasemia Mayor Minor |Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit musiman yang sering menyerang anak dan beberapa orang dewasa di Indonesia. DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dengan membawa virus dengue yang kamudian bisa masuk dan berkembang pada tubuh. Hal ini membuat penderita DBD mengalami penurunan trombosit yang sangat drastis.

Untuk memenuhi kembali trombosit yang mengalami penurunan, biasanya penderita DBD diharuskan untuk rawat inap di Rumah Sakit agar pasien bisa terpantau dengan benar, melihat bagaimana perkembangan si pasien. Selain itu, penderita DBD ini dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa makanan sehat yang bisa membantu pemulihannya dengan cepat. Berikut ini adalah makanan yang boleh dimakan penderita dbd agar cepat sembuh, di antaranya :

Daun pepaya

Menurut riset yang telah dilakukan oleh Institute for Medical Research (IMR), menunjukan bukti bahwa daun pepaya dapat mendukung penyembuhan DBD. Bukan sebagai obat atau penyembuh langsung, tapi sebagai pendukung untuk mempercepat dan membantu kesembuhan yang bisa didapatkan dengan optimal.

Bubur

Bubur yang identik dengan orang sakit seperti tipes, juga direkomendasikan kepada penderita DBD. Hal ini mengingat tekstrurnya yang lembut sehingga mudah dicerna oleh mereka yang tengah menjasi pasien DBD.

Susu

Susu memiliki kandungan Mineral, Vitamin, dan juga Protein yang bisa membantu antibodi tubuh dalam memberikan perlawanan pada serangan virus penyebab DBD.

Telur

Telur yang mengandung Protein tinggi ini dapat membantu mengembalikan daya tahan atau kekebalan tubuh penderita DBD yang mengalami penurunan.

Baca juga : Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sup

Sup yang umumnya diberikan pada penderita flu ini, aman pula dikonsumsi penderita DBD. Hal ini berkaitan dengan masalah persendian yang sering dialami oleh penderita, dan sop menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Angkak

Menurut ilmu pengobatan China, angkak (beras putih yang telah difermentasi) memberikan manfaat dalam membantu melancarkan serta menstabilkan sirkulasi darah.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran jangan lupa untuk diberikan pula pada penderita DBD, karena kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap dapat membantu berbagai gangguan kesehatan. Buah seperti apel dan pisang menjadi rekomendasi terbaik, dan sayuran hijau untuk jenis sayuran yang juga direkomendasikan.

Selain itu, buah seperti jeruk pun menjadi rekomendasi tepat, dikaraenakan kandungan antioksidan dari Vitamin C dalam buah jeruk ini bisa membantu meningkatkan antibodi tubuh, sehingga bisa mempercepat pemulihan.

Air kelapa

Penderita DBD biasanya akan cepat mengalami dehidrasi, sehingga cairan tubuh harus terpenuhi dengan baik. Selain dengan memperbanyak minum air putih, anda juga dianjurkan minum air kelapa untuk mengisi kekurangan elektrolit saat anda menderita DBD.

Teh jahe

Menurut para ahli, teh jahe dapat membantu menurunkan demam yang dialami para penderita demam berdarah.

Jadi, bagi anda yang memiliki kerabat atau keluarga yang mengalami DBD, atau justru anda sendiri yang mengalaminya, kini anda tahu bahwa beberapa jenis makanan yang telah kami sebutkan di atas adalah makanan yang boleh dimakan penderita demam berdarah yang bisa membantu proses penyembuhan berjalan lancar.