Program Pemerintah Azerbaijan untuk Thalasemia

Obat Thalasemia | Beberapa anak-anak yang memiliki talasemia dapat hidup bahagia tanpa gejala, sementara yang lain yang bisa merasa dengan cara yang parah. Anak-anak mungkin merasa lelah atau mudah marah, menjadi sesak napas, pusing atau pening atau memiliki kulit pucat, bibir dan kuku dengan warna yang terlihat berbeda dari anak-anak sehat yang lain. Azerbaijan pun menjadi peringkat keempat di dunia dalam hal menyebar dari thalassemia. Penelitian telah menunjukkan bahwa 8% orang Azerbaijan adalah pembawa sifat gen talasemia.

program pemerintah untuk thalasemia

Thalassemia juga disebut anemia Mediterania, adalah bentuk gangguan mewarisi darah resesif autosomal ditandai dengan pembentukan hemoglobin abnormal. Abnormal hemoglobin terbentuk hasil dalam transportasi oksigen pantas dan penghancuran sel darah merah. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi, termasuk besi overload, kelainan tulang dan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini bukanlah akhir dunia dan orangtua tidak harus melawan mereka sendiri–pemerintah memiliki banyak program yang bertujuan untuk membantu mereka dalam pertarungan ini.

Selama 10 tahun terakhir signifikan reformasi dilakukan di negara untuk memerangi seperti luas meninggal sebagai talasemia. Ada telah diambil banyak proyek-proyek yang bertujuan untuk perawatan dan diagnosis penyakit dan untuk meningkatkan kesehatan generasi masa depan.

Pada tahun 2005, atas prakarsa Presiden dari Heydar Aliyev Yayasan Mehriban Aliyeva, program “dalam nama hidup tanpa thalassemia” diluncurkan. Hal ini dimungkinkan untuk mencapai kemajuan serius, signifikan dalam diagnosis dan pengobatan penyakit ini, serta membantu untuk mengatasi kebutuhan pasien dalam darah dan obat-obatan yang menyusun besi.

Pusat Thalassemia Republik Azerbaijan, dibuat dengan dukungan dari Heydar Aliyev Foundation, memimpin pekerjaan di daerah ini tingkat yang lebih tinggi. Operasi transplantasi sumsum tulang, radikal metode pengobatan dari thalassemia mulai pelaksanaannya. Presiden Heydar Aliyev Yayasan Mehriban Aliyeva dan Wakil Presiden Leyla Aliyeva biasanya mengunjungi pusat anak-anak, mana anak-anak diperlakukan.

Baca juga : Campuran Gen Memicu Risiko Tinggi Thalasemia

Saat ini, sekitar 2.600 pasien, 900 yang secara teratur transfusi darah donor yang terdaftar di pusat Thalassemia. Sebelum tahun 2005, dengan kata lain, sebelum pelaksanaan program di atas, ada kesulitan tertentu sehubungan dengan sumbangan dari darah, obat-obatan, di bidang informasi, diagnosis dan pengobatan dari thalassemia.

Sekarang, Semua biaya diagnosis dan pengobatan dibayar oleh negara. Untuk mencegah, mengobati dan mendiagnosis thalassemia rencana aksi (dalam 2010-2015) dikembangkan untuk pelaksanaan program negara untuk memerangi penyakit. Tujuan utama, tentu saja, adalah untuk mengurangi jumlah kasus anak dengan talasemia. Tugas-tugas penting lain, mulai dari kesadaran masyarakat, meningkatkan status sosial bayi – thalassemia pasien, memberikan pasien dengan obat-obatan yang tepat, memperpanjang kehidupan mereka sebagai akibat dari kursus yang tepat perawatan, pencegahan dan menggunakan metode radikal pengobatan – transplantasi sumsum tulang. Semua kewajiban yang ditentukan dalam Program negara telah dilaksanakan pada tingkat tinggi.

Dalam program baru pun, yakni program negara untuk memerangi thalassemia tahun 2015-2020 disetujui tahun lalu. Tujuan utama adalah sama seperti pada program pertama, yang juga menyediakan prenatal diagnostik (kehamilan). Itu adalah, jika kedua orang tua pembawa sifat gen dari thalassemia, prenatal diagnosis dilakukan. Orang tua mampu mendapatkan informasi tentang kesehatan janin sebelum kelahiran anak-anak mereka.

Sesuai dengan Keputusan Presiden tanggal 1 Juni, amandemen kode keluarga pemerintah wajib pemeriksaan kesehatan pranikah. Dari tanggal 1 Juni sampai sekarang, 88.000 orang belum disurvei dan 5.500 mereka adalah pembawa thalassemia gen. Sekarang, para ilmuwan sedang bekerja mengembangkan terapi gen yang mungkin menawarkan obat untuk thalasemia seperti yang dipublikasihan oleh situs azernews.az.

Semoga program-program yang direncanakan dan mulai dilaksanakan untuk mrmbsntu para penderita thalasemia ini bisa memberikan hasil yang maksimal.