Tingkat Kematian Thalasemia Menurun 5 Kali Lipat

thalasemia menurun 5 kali lipat

obat thalasemia | Tingkat kematian dari thalassemia menurun 5 kali di Azerbaijan selama dekade terakhir. Departemen Kesehatan Gulmirza Poladov Azerbaijan mengumumkan hal itu pada pertemuan Menteri tahunan pada tanggal 26 Desember. Hal ini mengungkapkan bahwa lebih dari 2.500 pasien telah menerima pengobatan di pusat Thalassemia, yang dibangun di atas inisiatif Presiden Heydar Aliyev Yayasan Mehriban Aliyeva.

“Pusat memiliki diagnostik, pengobatan, dan dukungan unit terbaruĀ  tersedia ruang dan teknisi untuk pengobatan pasien,” kata Poladov.

Sejak pendiriannya pada tahun 2007, Pusat Thalassemia di Baku telah menawarkan semua kondisi ilmiah dan praktis untuk belajar talasemia. Selain itu, Pusat-pusat hemofilia dan thalassemia telah sudah didirikan di daerah Shirvan dan Ganja. Pusat-pusat yang sama diharapkan akan didirikan di Guba, Lankaran dan daerah Mingachevir. Sekitar 8 persen dari tokoh Azerbaijan adalah para pembawa thalassemia gen. Penyakit adalah gangguan mewarisi darah yang menyebabkan tubuh untuk membuat sedikit sel darah merah yang sehat dan hemoglobin kurang daripada normal.

Presiden Ilham Aliyev menyetujui program negara untuk memerangi talasemia selama tahun 2015-2020, Poladov mengatakan, mencatat bahwa program ini bertujuan untuk memperkuat langkah-langkah untuk mencegah talasemia, meningkatkan kesadaran meninggal antara populasi dan meningkatkan perawatan medis untuk pasien yang menderita talasemia.

Baca juga : Tidak Ada Transfer Karyawan Bagi Pemilik Anak Thalasemia

“Hari ini kami sangat bangga untuk mengatakan bahwa Azerbaijan telah berhasil mencapai pelaksanaan radikal pengobatan dari thalassemia – transplantasi sumsum tulang – sesuai dengan protokol klinis. Beberapa anak-anak 25 telah sudah menjalani transplantasi BM di Azerbaijan,”menekankan Poladov seperti yang dilansir www.azernews.az.

Meskipun, talasemia diturunkan dari orang tua kepada anak-anak, orang tua dapat hanya operator gen dan mungkin memiliki tidak ada variasi besar dalam kesehatan mereka. Dengan demikian, pemeriksaan medis dari kedua orang tua pada gen ini harus dilakukan sebelum impregnasi. Anak-anak dengan talasemia membutuhkan transfusi darah 1 – 2 kali dalam sebulan. Tanpa perawatan yang sesuai, anak-anak tersebut dapat hidup tidak lebih dari 10 tahun.